Senin, 05 Desember 2011

Tanda-Tanda Terkabulnya Do'a dlm Qitab Nafaaisul Uluwiyah fil Masaailis Suufiyyah

Pertama yang perlu diketahui bahwa do'a yang dipanjatkan oleh seorang mukmin yang benar-benar ber-inabah (kembali) dan bersungguh-sungguh memohon kepada Allah swt akan dikabulkan do'anya, Terkabulnya doa itu kadang kala disegerakan atau diakhirkan, Bahkan kadang-kadang oleh Allah permohonan yang ia panjatkan diganti dengan karunia lain yang lebih baik baginya menurut pandangan dan pilihan Allah. Keterangan seperti ini banyak terdapat baik dlm ayat-ayat Quran, akhbar maupun atsar.
para ulama menyebutkan bahwa tanda-tanda terkabulnya suatu doa yaitu si pendoa merasakan getaran dan kesejukan dalam hati sewaktu memanjatkan doanya. Adapun ditolaknya suatu doa bisa disebabkan oleh adanya rintangan. Termasuk dlm rintangan itu adalah: memakan makanan yg haram, memakai pakean yg haram, terus menerus berbuat dholim kepada hamba Allah, atau doa itu diucapkan dg hati yag lalai terhadap Allah. sbagaiman sabda rasulullah SAW:
واعلموا أنّ اللّه لايستجيب دعاء من قلب غافل
" ketahuilah oleh kalian semua,sesungguhnya Allah tdk akan mengabulkan doa dari hati yang lalai" (H.R thabrani). tdk dikabulkanya doa seseorang bisa juga disebabkan oleh memutuskan tali silaturrahmi, membenci saudaranya sesama mukmin,tdk berbicara dg mereka tanpa alasan yang benar,dan tdk pernah mendoakan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar